RIOTKLAB
RK TO DEATH
Dari Atom ke ledakan yang bernama Si Anjing Gila dari Selatan
Categories: General

Namanya Gilang. Pangilsaja_gilang. Suka melancong sana sini area Malang dan sekitarnya dengan genre Folk Rock

Wkwkw hari hari sibuk apa mas?
Sibuk ngangur 🤣🤣 bagian dari santai blues 🤣

Oh iya sebelum kenal nama nya atau/ ngerti Instagrammu, aku kenal dari project musik si Anjing Gila dari Selatan. Sekitar tahun lalu kali ya pas main di kedai nadi. Aku merasa (project solo atau duo ya?) Ini punya nama yg unik, Si Anjing Gila dari Selatan. Bisa di ceritakan mungkin asal muasalnya?

Jadi Si Anjing Gila itu project solo dari aku sendiri ketika merasa aku sendiri juga membutuhkan ruang untuk diriku sendiri, karena mungkin ketika bermain dengan band kita harus ada kompromi meredam ego dan ada Batasan-batasan tertentu. Yg akirnya beberapa tulisan atau karya-karya yg pernah aku buat gak kepakai, Tapi menurut aku kita sebagai manusia juga harus perduli pada diri kita sendiri, waktu dulu gencar Takeline nya soal “kill your ego” Saya sangat bersebrangan dengan kata-kata Itu, karena menurut saya ego adalah bagia dari diri kita sebagai manusia sebagai individu dan itu hanya perlu di rawat. Jika harus dihilangkan kita tidak akan pernah jadi diri kita sendiri alias jadi orang lain (itu pasti). Tapi mungkin ada beberapa hal buruk dari diri manusia yg harus di redam

Mengenai nama kenapa si anjing gila Sebetulnya ada beberapa versi sih, mungkin hal paling gampangnya aku dulu punya anjing, yang itu sebelumnya di rawat oleh saudara ku, karna hidup di lingkungan perkampungan dan gak mungkin juga membiarkan si anjing keluar jalan-jalan sendiri. Maka anjingnya di kurung terus dan gak pernah di lepas kan. Selang beberapa waktu, Anjing itu jadi gila, tingkah e gak jelas lah pokoknya hahaha

Btw, Rk juga banyak anak Egoist wqwq. Nggak masalah lah, jadi karya lebih keren keresahan itu, Terus akhirnya itu jadi nama atau representasi dari semangat bersolo ini ya?

Anjingn yang kuceritakan tadi, namanya ATOM dan itu yg aku buat logo sekarang namanya atom, tp dia sudah die atau meninggal, untuk melambangkan itu warnanya aku ubah jadi gelap. Kalau dari semangat atau representasi malah mungkin dari lagu Iwan Fals yang judul nya Willi. Lagu itu kurang lebih nyeritain alm WS Rendra, Di lirik pertamanya, “si anjing liar dari jogjakarta apa kabarmu” Nah di situ ketemu kata si anjing
Dan aku dari selatan (Dampit – daerah di bagian Selatan Kabupaten Malang)

Kirain sampean (pagi ini) buru-buru jual Soto mas Gilang, aman kah? 🤘😄
Udah 1 bulan libur mungkin Desember baru buka lagi,
Masih ada kendala 🤣🤣🤣

Oh iya ini project di inisiasi tahun berapa? Kalo boleh tau sudah sampai menciptakan beberapa karya?
2019 akirnya terwujud project ini, Sebetulnya bulan” Ini saya lagi rilis album pertama Dan mungkin di awal tahun depan akan mencoba keliling kota lain untuk berbagi cerita, mungkin kalau mas kevin ada tempat di luar kota yg bisa d datangi untuk saya bercerita mohon di bantu 😁🙏🤣🤣
Siapp…

Aku pikir, respon temen temen sendiri di Kota malang cukup unik dan beragam. Dan Si anjing gila dari selatan (sama seperti skena bawah tanah Turen lainnya) itu yg justru menghadirkan aura tersendiri. Dan bagiku brother family kerasa banget. Bagaimana menanggapi hal tersebut? Soal perkawanan, culture scene, dan hal hal yg diinginkan dalam waktu dekat

Soal pertemanan ya semua teman sih gak ada pengkotak kotak an, dan menurut aku itu keren. Beberapa temenku dari Turen dan sekitarnya. Di Kota Malang juga disambut dengan okey. Karena di jaman sekarang yg mengkotak (via chat) itu malah kurang sih 🤣

Dan mungkin butuh banyak support dari kawan” Di kota atau luar kota luar negri atau di manapun itu, kita sedang bersama-sama berjuang untuk membuat ruang bagi semua kawan yg berkesenian , karena d kabupaten khususnya sangat sulit untuk mencari ruang dan wadah

Kita saat ini sedang berjuang untuk itu, semoga ke depanya lancar dan berkembang agar dapat mengembangkan lagi gairah juga pergerakan yg ada di malang

Sebenernya, ada dua pertanyaan yg ini mungkin jawabannya sedikit lebih panjang Sebenernya, ada dua pertanyaan Apa si yang paling ingin Gilang capai, baik secara pribadi atau projects musik ini?

Atau santai blues dulu juga boleh si. Cheerss wqw

Yg ingin di capai mungkin yg paling utama dan sangat sedang d usahakan adalah mengamankan posisi orang tua dan keluarga atau bisa di bilang, bisa mencukupi kebutuhan nya, agar mereka tdk harus bertaruh pada bahaya, kalau boleh jujur sih itu aja
Panggilsaja_gilang

Kalau buat aku sendiri sih, cuma pengen santai bertani menanam, main musik , nongkrong bercengkrama, gitu” Aja kalau aku sendiri. Gak pengen gimana-gimana 🤣🤣🤣

Kalau sebagai project, cuma pengen tetep berkarya aja dg jujur, bergerak sesuka suka ku, lalu mengenal semua orang dan belajar, itu aja sih kalau soal project

Pertanyaan serius Lebih suka Bubur diaduk atau bubur nggak diaduk?

Aku lebih suka bubur 2 piring sih, orangnya suka makan soal e aku, pernah nyobak karena bener” Laper beli bubur 1 tambah nasi d rumah, wah kacau parah sih 🤣🤣🤣

Di dalam album… sepertinya Suka cara hidup yg cepat (fast) atau lamban (slow)? Alasannya 😁
Slow aja sih kalau aku, tp slow d era sekarang tuh sulit juga, ketika kita punya sesuatu yg harus d kejar, tp buat aku knp pilih slow adalah hal yg sangat membosankan ketika kita d kurung oleh waktu di paksa oleh tuntutan, ada yg harus kita kejar tp juga gak harus buru” Juga, dan gak harus berhasil juga, tp selalu ada point” Yg sangat penting dlm setiap perjalanan mengejar itu

Gampang nya biar kan ke naturalan itu mengalir dg sendirinya 😁

Apakah setelah punya project solo dan sebelum ada project solo ada perbedaan? Mungkin lewat pandangan ke sekitar, mungkin juga nilai hidup

Ada sih, jadi ada kelegaan dalam setiap ruang yg ada, seperti besok nongkrong yg kebetulan anak” pang , ya santai enjoy gk ada beban, trus besoknya lagi lingkungan dari project solo ku nih, ya nyantai ngeslow aja, gk ada beban juga, udah tau tempat aja, harus gimana dg lingkungan A atau lingkungan B misalnya 🤣, tp bukan maksut membedakannya ya, lebih bisa menyesuaikan lah, tp ya tetep ngawur”nya, gak jadi bertopeng juga. Dan temen-temen support meski aku tau nggak semua orang suka musiiku, tapi pertemanan indah lah ya🤣🤣

Aku tadi barusan dengerin wily, emang bagus. Dulu suka dengerin iwan fals dan notok suka banget pas SMP. Aku dulu jadi suka bikin kisah / cerita pendek yg realis. Nggak jauh dr kemiskinan dan kritik terhadap ketimpangan; mungkin, bisa cerita nggak pengalaman mas gilang berkarir atau menyukai folk sebagai lagu-lagu yg dapat mewakili isu isu serupa?

Awal suka folk karena om saya punya album mata dewa yg masih aku simpan sampai sekarang, sampai yg punya sudah Almarhum Dari situ suka iwan fals, inget pertama kali beli kaset adalah album 50:50 itu waktu d indomaret masih baru dan jual album kaset pita

Soal isu d dalam nya
Saya sendiri merasa lagu” Folk sangat mewakili ya, terlebih lagi karna folk sendiri adalah musik “pinggiran”
Karena aku juga orang pinggir an pasti secara spirituil banyak hal yg sama aku rasa
Soal cinta, ketimpangan, ketidak adilan dll

Oh iya, album nya judulnya apa ya? Atau masih rahasia dulu?
Dan kenapa kaset pita?

Judul albumnya Si Anjing Gila Dari Selatan. Akan keluar 10 keping, karena dibuat limit edisi aja
Kenapa musik kaset pita? Buat ngingetin memori dulu aja. Karena awalnya aku dengerin music pakai medium kaset pita. Dan hal itu nyaman di telinga
Dan Kaset Pita itu awet aku rasa (untuk di koleksi), ini album (milikku) mata dewa yang aku simpen rilis dari tahun 89

Bagaimana Si Anjing Gila dari Selatan membiayai atau memproduksi lagu dalam project solo ini?
Dulu sempet kerja, buat rekaman lagu,setelah jadi keluar deh 🤣 , tp trus juga ada yang bantu, bersyukur nya d situ, ada temen tiba” Kasih duwit suruh rekaman, terimakasih banya project ini karena ada teman” Semua, akirnya bisa ada lagu ada album, dan setiap karya pun cerita kawan” Yg di buat lagu akirnya selain cerita saya sendiri. Bersyukur banyak dikelilingi orang baik.

Tahun 2022 akhir itu sempat aku lihat pamflet #usuttuntas dan beberapa aliansi musik pinggiran itu berserikat buat menggalang dana bagi keluarga korban, sempet terlibat nggak disana? Dan menurut Si Anjing Gila Dari Selatan itu bagaimana menyurakan isu itu? Sementara gilang disini dengan project solonya adalah pelaku seni musik

Aku lupa ini acara yang mana ya, pernah saat itu d dkm juga ada acara buat usut tuntas, tp saya lupa, itu untuk penggalangan dana atau bukan, tp pada setiap pergerakan, si anjing gila siap ikut dan melakukan pergerakan 😁, kalau ada yg ngasih tau dan mengajak, karena banyak menghabiskan waktu d desa kadang isu atau info pergerakan yang aku enggak tau

Sebagai seseorang yg suka mabok mabok an yg kebetulan bisa lah sedikit ” Main musik, ya yg saya bisa merespon dg karya, jika menurut beberapa ora karya itu tdk berdampak apa-apa , menurut saya malah berbeda, semakin masifnya karya, semakin banyak seruan aksi yg terjadi

Dkm sekarang dah mati 🤭
Wkwkkwkw 🤣 sulit memang semua ini, ada yg di mati kan dan harus di anggap mati, ada pula yg harus pura-pura mati atau juga mati dg sendirinya 🤣

Kalo kata Deadnaufal; “duniawi gini gini aja”, terus pertnyaan dariku, seni musti gimana?
Menurut aku, seni lahir karena realitas, jadi ya dunia gini gini aja dunia berubah gitu” Aja, seni tetap akan bermunculan
Karena saya rasa seni muncul karena keresahan karena ketimpangan karena konflik
Jadi ya, gimana ya, seni senatural itu sih 😅🙏🤣

Rekomendasi dosis musik harian dong
Roling Stone – Fool to Cry
Greta Van Fleet – Safay Song
Pink Flyod – Shine on you Crazy Diamond
Dom 65 – 30 tahun Pengangguran
Sawung Jabo – Mengejar Bayangan Menangkap Angin

Comments are closed.